Double Keliru


Setan ini hebat banget, mampu membuat orang yang sedang sholat menjadi tiba-tiba jenius dan ingat hal-hal yang lupa.
kalau begitu, rasanya pengen sholat terus supaya saya jadi pintar, tapi lagi-lagi setan datang dengan godaan yang lain. kalau dalam 24 jam saya habiskan untuk sholat, nanti pekerjaan saya jadi terbengkalai. lalu buat apa pintar yang saya punya?

Dilema yang seperti ini hanya bagi orang-orang yang tidak berilmu seperti saya, maka jika anda termasuk orang yang berilmu alangkah baiknya jika anda hentikan membaca tulisan ini. karena hanya akan membuang-buang waktu dan usia anda.

Pernahkah kalian berfikir bahwa sholat kita ternyata kalah khusyuk dari doa dan amalan-amalan setelah sholat? kalau pernah, berarti kita sedang dalam keadaan “ghurur” atau tertipu. karena secara fikih, perkara wajib seperti sholat tidak bisa dikalahkan dengan perkara sunah macam doa atau wirid.
kalau begitu, apa baiknya kita tidak usah berdoa usai sholat? hal ini juga masih tipuan muslihat, karena berdoa usai sholat itu hukumnya sunah dan dianjurkan.
dan tingkatan tipu daya yang paling tinggi dalam pembahasan ini adalah, jika anda berpikir “kalau begitu tidak usah sholat dan berdoa”, fatal.
yang benar adalah, kita tetap sholat dan belajar khusyuk untuk tidak memikirkan apapun selain Allah, jangan terburu-buru dan jangan terlalu lama durasinya. setelah itu berdoalah juga dengan keadaan yang khusyuk.

Memang tiap perkara baik pasti tidak lepas dari godaan. ya kalau godaannya terlihat seperti wanita yang memakai rok mini di jalan-jalan mah tidak terlalu sulit, tinggal merem kelar perkara. yang bikin kacau itu kalau godaannya tipis-tipis terselubung seperti contoh diatas, bisa menggiring ke ranah kufur.
jadi kesimpulannya adalah kita mesti memperbanyak istighfar meskipun belum tentu kita melakukan kesalahan. karena manusia selalu berkemungkinan salah dan tidak menyadarinya.

Satu pemikiran pada “Double Keliru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s