Menyembah Tuhan dengan Mengenal Diri


Mencintai tanpa ma’rifat (mengenal) itu adalah dusta –

Begitulah kurang lbh cuplikan yang saya tarik dari Ihya’ Ulumuddin buah tangan Imam Ghozali.
Nah sob, dari kalimat diatas sebenarnya sudah sering qita baca/dengar dimana saja, tp perlulah kita obrak-abrik tentang ;mengenal secara haqiqi itu yang bagaimana? Loh ya? Heuheu kalau cuman skedar kenal-kenul saja sih gampang, ya gak bro???
Ibaratnya kita menyembah & sujud pada Tuhan tp kita sendiri gak Mengenal-Nya. Kan sami mawon .

”kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya, Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun tentang nama-nama itu, keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah, Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah Agama yang lurus, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya” (QS; yusuf ; 40)

Ayat diatas tingkatanya udah gak nyindir lagi ya mbah? Malah nabrak banget pake ”jedok” lagi , frontal heuheue masa selama ini kita hanya menyembah nama ? Bukan yang Empunya.
Lantas bagaimana acara selanjutnya?
Mari kita tilik lagi hadis berikut

“siapa yang mengenal diri sendiri, niscaya ia mengenal Tuhan nya”

Dawuh diatas gak gemen2 bro… Itu dari Baginda Rosul -solawatulloh wasalamuhu-
stelah kita fahami uraian diatas, maka lahirlah benih tanda tanya dalam benak kita (loh kok kita?? Lu aja kalee wkwkwk)

“berangkat dari manakah kita untuk mengenal diri sendiri???”

wah jawabane susah kang… Tp susah disini bukan berarti ndak bisa loh ya. Bukankah kita makhluq yang paling sempurna yang telah dibekali ribuan -bahkan lebih- sesuatuNya. Hanya saja belum atau tidak kita sadari itu.

Nah masbrot, mbak brot, jd menurut pendapate jnengan2 MENGENAL DIRI SENDIRI itu gmana?
Sangat diharapkan pendapatnya 🙂
Salam.

Iklan

One thought on “Menyembah Tuhan dengan Mengenal Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s